Mainan-Mainan Anak Ini Wajib SNI

Mainan-Mainan Anak Ini Wajib SNI

Dunia bisnis di Indonesia terus menggeliat di segala bidang, mulai dari bisnis perdagangan, restoran, konstruksi, dan jasa. Termasuk di dalamnya adalah bisnis perdagangan mainan anak. Meningkatnya jumlah kelahiran setiap tahunnya di Indonesia yang berdampak pada terus bertambahnya populasi anak tak ingin dilewatkan begitu saja oleh para pebisnis.

Mainan dapat merangsang kecerdasan otak anak. Melalui mainan para anak diproyeksikan agar dapat lebih kreatif selain tentunya juga mencairkan suasana hati anak.

Namun tahukah Anda jika mainan anak ini ternyata wajib memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI)?

Mainan adalah setiap produk atau material yang dirancang atau dengan jelas diperuntukkan penggunaannya oleh anak dengan usia 14 tahun kebawah untuk bermain dengan penggunaan yang normal maupun kemungkinan penggunaan yang tidak wajar sesuai dengan kebiasaan seorang anak. Demikian menurut Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 24/M-IND/PER/4/2013 sebagaimana telah diubah Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 55/M-IND/PER/11/2013.

Lalu apa nama sertifikasi SNI-nya? Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI Mainan yang selanjutnya disebut SPPT-SNI mainan adalah Sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk kepada produsen yang mampu menghasilkan mainan sesuai SNI.

Adapun mainan anak yang wajib tersebut adalah sebagai berikut :

 

No Jenis Mainan
1 Baby Walker
Dari logam
Dari plastik
2 Sepeda roda tiga, skuter, mobil berpedal dan mainan beroda semacam itu; kereta boneka
3 Boneka; bagian dan aksesorisnya
4 Kereta elektrik, termasuk rel, tanda dan aksesoris lainnya
5 Perabot rakitan model yang diperkecil (“skala”) dan model rekreasi semacam itu dapat digerakkan atau tidak
6 Perangkat konstruksi dan mainan konstruksional lainnya, dari bahan selain plastik
7 Stuffed toy menyerupai binatang atau selain manusia
8 Puzzle dari segala jenis
9 Blok atau potongan angka, huruf atau binatang; perangkat penyusun kata; perangkat penyusun dan pengucap kata; toy printing set; counting frame mainan (abaci); mesin jahit mainan; mesin tik mainan
10 Tali lompat
11 Kelereng
12 Mainan lainnya selain sebagaimana yang disebut pada angka 2 sampai dengan 11 terbuat dari semua jenis material baik dioperasikan secara elektrik maupun tidak :
– Balon, pelampung renang untuk anak atau mainan lainnya, yang ditiup/dipompa, yang terbuat dari karet dan/atau plastik.

– Senapan/Pistol mainan

– Mainan Lainnya

Nah, bagi perusahaan yang memproduksi mainan sebagaimana tersebut diatas hukumnya “WAJIB” memenuhi dan menerapkan SNI dengan tahapan serta persyaratan yang ditentukan oleh peraturan.

Sudah tahu apa yang harus Anda lakukan? Masih bingung? Atau tidak punya waktu untuk mengurusnya? Kami dapat membantu Anda. Silahkan hubungi Hotline kami di: 0822-1000-9872 atau email info@prolegal.id.

Author: TC- Singgih Aditia Putra

Posted in
Whatsapp