Jasa Pendirian Dan Pengurusan PT di Depok

Jasa Pendirian Dan Pengurusan PT di Depok

Bingung dengan cara mendirikan PT di Kota Depok? Pakai saja jasa pendirian dan pengurusan PT di Depok yang aman dan tepercaya.

Kota Depok memiliki peran penting sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Jakarta. Kota ini pun menjadi wilayah yang banyak dipilih sebagai tempat untuk mendirikan usaha. Apalagi, akses dari Depok menuju ke Jakarta bisa dilangsungkan dengan begitu mudah. Dalam proses pendirian usaha tersebut, Anda pun harus melengkapinya dengan pengurusan legalitas usaha.

Banyak pilihan badan usaha yang bisa digunakan. Hanya saja, badan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT) kerap menjadi pilihan para pengusaha di Depok. Apalagi, perusahaan berbentuk PT memungkinkan pengusaha untuk bisa mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar. Proses pengurusan PT di Depok pun sangat mudah dan dapat dilakukan dengan ringkas.

Baca juga: Syarat dan prosedur pendirian PT 2019

 

Prosedur Pendirian dan Pengurusan PT di Depok

Seperti yang telah disebutkan, proses pendirian dan pengurusan PT di Depok tak terlalu sulit. Meski begitu, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui agar usaha Anda bisa berjalan secara legal dan lancar, yakni:

 

  1. Persiapan data untuk pendirian PT

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk pendirian dan pengurusan PT di Depok adalah dengan mempersiapkan data yang diperlukan. Data ini mencakup beberapa dokumen, seperti:

  • Nama PT

Nama PT yang diajukan, harus memiliki perbedaan dengan PT yang sudah terlebih dahulu berdiri. Selain itu, nama PT juga terdiri dari minimal 3 kata dan tak boleh memakai kata serapan.

  • Alamat PT

PT harus memiliki alamat yang jelas. Ketika Anda ingin mendirikan PT di Depok, maka alamat PT juga harus berada di Kota Depok.

  • Aktivitas usaha PT

Anda harus menuliskan secara jelas aktivitas usaha dari PT yang akan didirikan.

  • Struktur modal dalam PT

PT juga harus memiliki data yang jelas terkait sumber permodalannya. Berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia, modal dasar untuk pendirian PT adalah Rp50 juta.

  • Pengurus PT

Perusahaan yang berbadan hukum PT harus memiliki setidaknya 1 orang direktur dan 1 orang komisaris. Data terkait pengurus ini bakal tercantum dalam akta pendirian perusahaan.

 

  1. Pembuatan Akta Pendirian PT

Akta pendirian PT bisa dibuat dengan menggunakan tenaga notaris. Anda pun bisa menjumpai tenaga notaris dengan begitu mudah di Kota Depok. Selanjutnya, Anda tinggal menyerahkan dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan.

 

  1. Pengesahan PT oleh Menteri Hukum dan HAM

Ketika akta pendirian PT telah dibuat, maka langkah selanjutnya adalah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM. Proses pengajuannya dilakukan oleh notaris.

  1. Surat Keterangan Domisili Perusahaan

Tahapan berikutnya, Anda perlu mengurus surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dari pemerintah kelurahan atau desa setempat. Pengurusan SKDP ini diperlukan untuk mendapatkan NPWP perusahaan.

  1. NPWP

Setiap perusahaan yang ada di Indonesia memiliki kewajiban membayar pajak. Untuk itu, Anda pun perlu mengurus nomor induk wajib pajak (NPWP) badan ke kantor pajak terdekat. Dalam pengurusannya, Anda tak hanya memperoleh NPWP badan, tetapi juga Surat Keterangan Terdaftar Pajak (SKTP).

  1. NIB

Langkah berikutnya, Anda perlu melakukan registrasi di Online Single Submission (OSS) untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB ini merupakan identitas wajib bagi seorang pengusaha yang juga berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP) serta Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

  1. Izin-izin terkait

Setelah memperoleh NIB, Anda juga perlu mengurus izin-izin terkait yang disesuaikan dengan aktivitas usaha. Izin tersebut di antaranya adalah Izin Lingkungan, Izin Lokasi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha, Izin Operasional, dan lain-lain.

Tahapan pengurusan tersebut bisa Anda lakukan sendiri ataupun menggunakan jasa pendirian dan pengurusan PT di Depok. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa menggunakan jasa dari Prolegal Indonesia. Kami siap membantu Anda.

 

Tunggu apalagi? Wujudkan Perseroan Terbatas milik Anda sekarang juga! Atau hubungi Prolegal jika Anda tidak mempunyai waktu mengurusnya sendiri.

Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai Jasa Pendirian PT, Anda dapat menghubungi kami melalui 0822-9900-3757 atau email info@prolegal.id

 

Baca juga: Prosedur dan syarat mendirikan pt terbaru yang wajib Anda ketahui

Posted in
1
Mau mendirikan Badan Usaha (PT / CV / Yayasan / Koperasi, dsb)? Konsultasi sekarang
Powered by