Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek 2019

Prosedur dan syarat pendaftaran merek

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran merek? Pahami juga prosedurnya supaya proses permohonan lebih mudah dan cepat.

Merek adalah nama atau simbol yang dapat diasosiasikan dengan sebuah barang atau jasa tertentu. Merek sepatu, misalnya Nike, Airwalk, Adidas, dan sebagainya. Merek produk fesyen misalnya Zara, Gucci, UNIQLO, dan sebagainya. Ketika melihat atau membaca merek ini, orang langsung bisa mengenal produk tersebut beserta keunggulannya.

Karena fungsinya sangat penting dalam dunia pemasaran, merek juga harus diperlakukan secara khusus. Di Indonesia, ada aturan pendaftaran merek barang atau jasa untuk menghindari terjadinya masalah pada kemudian hari. Aturan tersebut termuat dalam UU No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Syarat Pendaftaran Merek

Ada pun syarat untuk mendaftarkan merek harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah merek tidak bertentangan dengan ideologi negara, moralitas, kesusilaan, agama, peraturan, dan ketertiban umum. Selain itu, merek juga tidak boleh sama dengan nama barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Syarat lainnya adalah tidak memuat unsur yang mengandung penyesatan atas asal, jenis, macam, kualitas, ukuran, serta tujuan barang atau jasa tersebut. Jika memuat keterangan tentang manfaat, khasiat, dan kualitas barang atau jasa, keterangan tersebut harus sesuai.

Sebelum mendaftarkan merek, Anda juga perlu memperhatikan apakah ada daya pembeda dengan merek lainnya. Merek tidak boleh memiliki persamaan dengan merek lainnya yang sudah ada. Merek juga tidak boleh merupakan nama umum atau lambang yang digunakan secara umum.

Selain syarat tersebut, ada pula yang termasuk dalam syarat administratif, yaitu kelengkapan dokumen-dokumen. Selain mengajukan permohonan pendaftaran, lampiran pada formulir permohonan adalah fotokopi KTP, fotokopi akte pendirian badan hukum, fotokopi peraturan pemilikan bersama, tanda pembayaran biaya permohonan, 10 helai etiket merek, dan surat pernyataan bahwa merek tersebut adalah milik pendaftar.

 

 

Prosedur Pendaftaran Merek

Selain harus mengetahui syarat-syaratnya, Anda juga perlu memahami prosedur yang harus dijalani untuk mendaftarkan merek. Secara singkat, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Mengecek keberadaan merek

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek keberadaan merek. Untuk itu, Anda dapat melakukan penelusuran di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual. Jika merek yang ingin didaftarkan sudah terdata, permohonan pendaftaran merek tersebut pasti tidak akan disetujui.

  • Mengisi formulir

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir yang telah disediakan. Formulir ini harus ditandatangani oleh pemohon atau kuasanya, dilengkapi dengan lampiran, dan ditujukan kepada Menteri Hukum dan HAM. Apabila permohonan diajukan oleh lebih dari satu pemohon atas merek yang sama, harus ada persetujuan tertulis dari pemohon lainnya yang mewakilkan.

  • Menunggu pengumuman

Selanjutnya, dalam Berita Resmi Merek akan dimunculkan pengumuman tentang permohonan pendaftaran merek selama dua bulan. Jika ada, keberatan dari pihak lain dalam jangka waktu itu dapat diajukan secara tertulis. Keberatan ini harus disertai dengan buki dan alasan yang cukup.

  • Penerbitan sertifikat merek

Tahap terakhir adalah penerbitan sertifikat merek oleh Menteri Hukum dan HAM. Apabila merek tersebut dinyatakan tidak dapat didaftarkan atau ditolak, biasanya akan ada pemberitahuan secara tertulis dilengkapi dengan alasannya. Pemohon atau kuasanya dapat memberikan tanggapan. Jika tanggapan tersebut dapat diterima, merek dapat segera diterbitkan.

Jadi, inilah prosedur yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan merek produk. Tidak terlalu sulit, bukan? Jangan lupa untuk melengkapi syarat-syaratnya supaya proses pengajuan berjalan lancar. Semoga bermanfaat!

Sekian artikel dari kami, semoga dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan.

 

Apabila Anda membutuhkan konsultasi mengenai pendaftaran merek, Anda dapat menghubungi hotline kami di: 0822-1000-9872 atau email pli@smartlegal.id.

 

SLID---Banner-Brand-CTA-PLI---180119---v1---AR

Posted in ,
Whatsapp