Sebenarnya, Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Pendirian Koperasi?

Biaya pendirian koperasi di Indonesia

Sebelum memutuskan untuk mendirikan koperasi, ketahui dahulu berapa biaya pendirian koperasi yang harus Anda siapkan.

 

Di Indonesia, koperasi menjadi salah satu badan usaha yang diharapkan mampu meningkatkan angka perekonomian negara. Badan usaha ini secara lengkap diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Pasal 33 Ayat 1 dan 4, serta Undang-Undang Perkoperasian Nomor 25 Tahun 1992. Sebagai badan usaha, tentu biaya pendirian koperasi harus mengacu pada perundangan yang berlaku, seperti halnya ketika hendak mendirikan PT atau CV.

 

Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang Koperasi, dinyatakan bahwa koperasi adalah sebuah badan usaha yang memiliki anggota perorangan atau badan hukum koperasi dengan landasan kegiatan didasarkan pada prinsip perkoperasian sekaligus sebagai salah satu gerakan ekonomi kerakyatan yang berdasarkan asas kekeluargaan.

 

Dalam operasionalnya, koperasi dilandaskan pada beberapa prinsip, seperti:

  • Anggota yang bersifat terbuka dan sukarela. Artinya, tidak pernah ada paksaan apa pun yang membuat seseorang harus menjadi anggota koperasi, begitu pula jika anggota menyatakan keluar dari koperasi. Sementara terbuka berarti tidak adanya kedudukan lebih tinggi antar sesama anggota alias sama rata.
  • Dikelola dengan cara demokratis yang berarti semua hal yang terkait dengan pengelolaannya harus berdasarkan kepentingan dan keputusan bersama para anggota.
  • Berdiri secara mandiri. Koperasi tidak boleh berdiri dengan bergantung pada pihak lain, baik dalam pertimbangan dan pengambilan keputusan.
  • Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan dengan adil pada setiap anggota. Pembagian ini didasarkan pada berapa jasa usaha yang telah diberikan oleh setiap anggota.
  • Membagi hak atas balas jasa yang berdasarkan batasan modal, karena modal koperasi tidak hanya digunakan untuk tujuan keuntungan, tetapi juga memberikan manfaat pada semua anggota.

 

Berapa Biaya Pendirian Koperasi yang Harus Disiapkan?

Pada dasarnya, ada beberapa jenis koperasi yang berdiri di Indonesia, yaitu Koperasi SImpan Pinjam, Koperasi Unit Desa, Koperasi Konsumsi, Koperasi Produksi, Koperasi Sekolah, dan masih banyak lagi. Pembeda yang paling nyata di antara jenis koperasi tersebut adalah lingkup kegiatan usaha yang dilakukan.

 

Namun, Anda perlu tahu bahwa untuk mendirikan koperasi, dibutuhkan segala persyaratan untuk membuat dokumen perizinan dan biaya pendirian koperasi yang berbeda antara satu dan lainnya, meski tidak tampak besar bedanya. Seperti contoh, untuk mendirikan Koperasi Simpan Pinjam, Anda harus mengurus dokumen berupa nama, Surat Izin Usaha Dagang (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), surat domisili, akta notaris, dan surat keterangan penyuluhan mendirikan sebuah koperasi.

 

Lalu, bagaimana dengan besaran biayanya? Terkait dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan koperasi, ini bergantung pada lokasi koperasi dibentuk dan didirikan, juga jasa yang Anda percaya untuk membantu melancarkan pembuatan badan usaha ini. Misalnya, biaya pendirian koperasi di wilayah kabupaten tentu akan berbeda dengan biaya mendirikan koperasi di wilayah kota dan provinsi. Kisaran biaya juga bervariasi terhadap jenis koperasi yang hendak didirikan.

 

Namun, aturan baru pemerintah menetapkan bahwa untuk membuat koperasi, tidak ada biaya yang dibebankan dalam hal pengesahan akta pendirian oleh Notaris. Biaya ini seluruhnya akan disubsidi oleh pemerintah, dengan tujuan utama untuk menggiatkan kembali koperasi dan usaha kecil serta menengah di Indonesia. Artinya, sekarang mendirikan koperasi tentu akan lebih mudah dan murah.

 

Jika Anda menggunakan bantuan jasa ahli dalam mendirikan koperasi, mungkin akan ada biaya pendirian koperasi tambahan yang harus Anda siapkan, tentu saja ini di luar biaya pengesahan akta. Biaya ini biasanya masuk dalam kategori upah jasa bagi pihak-pihak ahli bantu yang Anda gunakan untuk mengurus pendirian koperasi.

 

Bagaimana, Anda tertarik untuk mendirikan koperasi? Supaya lebih mudah dan lancar, percayakan saja semua urusan pendirian koperasi pada SmartLegal.id. Hubungi kami segera untuk detail informasi lebih lanjut!

Jika Anda membutuhkan konsultasi hukum mengenai pendirian koperasi, Anda dapat mengirimkan pertanyaan melalui 0822-1000-9872 atau email pli@smartlegal.id.

Posted in
Whatsapp