Klasifikasi SIUJK Berdasarkan Bidang Pelaksana Konstruksi

Mengenal Klasifikasi SIUJK Berdasarkan Bidang Pelaksana Konstruksi

Surat izin untuk mendirikan usaha jasa konstruksi ternyata beragam. Simak klasifikasi SIUJK dan jenis-jenis pelaksana konstruksi berikut ini!

 

Selain berfungsi sebagai izin resmi yang diberikan pemerintah untuk menjalankan usaha jasa konstruksi, SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi) juga merupakan salah satu syarat bagi sebuah perusahaan untuk mengikuti tender dan untuk mengurangi biaya PPh sebanyak 23%. Pembuatan izin ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada klasifikasi SIUJK yang harus Anda ikuti berdasarkan bidang serta sub bidang usaha.

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh LPJKN (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional) Nomor 3 tahun 2017 tentang Sertifikasi dan Registrasi Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi, ada 6 klasifikasi SIUJK bidang usaha konstruksi yakni:

 

  1. Bidang Usaha Bangunan Gedung

Pelaksana jasa usaha konstruksi di bidang bangunan gedung ini meliputi 9 sub klasifikasi termasuk Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Hunian Tunggal dan Kopel, Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Multi atau Banyak Hunian hingga Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Kesehatan. Pekerjaan pelaksanaannya meliputi pembangunan gedung baru, penambahan, peningkatan hingga renovasi.

  1. Bidang Usaha Bangunan Sipil

Untuk perusahaan usaha jasa konstruksi yang bertugas sebagai pelaksana untuk bangunan sipil (umum), ada total 12 sub klasifikasi yang terdaftar. Mulai dari Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Pengolahan Air Minum dan Air Limbah serta Bangunan Pengolahan Sampah, Jasa Pelaksana Konstruksi Jembatan, Jalan Layang, Terowongan dan Subway hingga Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Fasilitas Olahraga Indoor dan Fasilitas Rekreasi.

  1. Bidang Usaha Instalasi Mekanikal dan Elektrikal

Jika dua bidang sebelumnya berfokus pada konstruksi bangunan, maka instalasi mekanikal dan elektrikal melakukan proses instalasi di dalam gedung. Mulai dari Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pendingin Udara (Air Conditioner), Pemanas dan Ventilasi, Jasa Pelaksana Konstruksi Pemasangan Pipa air (Plumbing) Dalam Bangunan dan Salurannya hingga Jasa Pelaksana Konstruksi Instalasi Alat Angkut dan Alat Angkat.

  1. Bidang Usaha Jasa Spesialis

Klasifikasi usaha jasa spesialis terdiri dari  sub klasifikasi yang masing-masing memiliki tugas khusus. Sub klasifikasi ini termasuk Pekerjaan Penyelidikan Lapangan, Pekerjaan Pembongkaran hingga Pekerjaan Pengaspalan dengan Rangkaian Peralatan Khusus.

  1. Bidang Usaha Pelaksana Keterampilan

Untuk bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus tertentu ini, ada total 11 sub klasifikasi di dalamnya. Mulai dari Pekerjaan Kaca dan Pemasangan Kaca Jendela, Pekerjaan Pemasangan Keramik Lantai dan Dinding hingga Pekerjaan Dekorasi dan Pemasangan Interior.

  1. Bidang Usaha Jasa Pelaksana Lainnya

Di luar lima klasifikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga bidang usaha tambahan yang termasuk dalam klasifikasi usaha jasa pelaksana lainnya. Adapun sub klasifikasinya terdiri dari 4 macam termasuk Jasa Penyewaan Alat Konstruksi dan Pembongkaran Bangunan atau Pekerjaan Sipil Lainnya dengan Operator, Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Jalan dan Jembatan serta Rel Kereta Api, Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Bangunan Gedung hingga Jasa Pelaksana Perakitan dan Pemasangan Konstruksi Prafabrikasi untuk Konstruksi Prasarana Sumber Daya Air, Irigasi, Dermaga, Pelabuhan, Persungaian, Pantai serta Bangunan Pengolahan Air Bersih, Limbah dan Sampah (Insinerator).

Untuk mengetahui jumlah maksimum klasifikasi dan sub klasifikasi bidang usaha yang bisa dimiliki oleh perusahaan, Anda bisa melihat panduan Pelaksana Konstruksi sesuai dengan aturan LPJK.

 

Itulah klasifikasi SIUJK berdasarkan bidang usaha yang bisa Anda jadikan rujukan saat mengurus perizinan. Pastikan Anda sudah mengikuti aturan klasifikasi dan sub klasifikasi yang ditetapkan sebelum membuat SIUJK.

 

Demikian ulasan mengenai klasifikasi Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK. Jika Anda membutuhkan konsultasi lebih lanjut mengenai pendirian yayasan, Anda dapat menghubungi kami di 0822-1000-9872 atau email pli@smartlegal.id.

Baca juga: Syarat dan Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi Lengkap

Posted in
Whatsapp