Yakin Merek Terkenal, Sudah Penuhi Kriteria Ini?

Yakin Merek Terkenal, Sudah Penuhi Kriteria Ini?

Yakin Merek Terkenal, Sudah Penuhi Kriteria Ini?

Merek terkenal dapat dilindungi dengan syarat telah memenuhi kriteria, meliputi pengetahuan umum masyarakat, reputasi merek tersebut, hingga pendaftaran merek diberbagai negara.”

Di Indonesia, dimungkinkan adanya perlindungan terhadap merek terkenal sebagaimana termuat dalam Pasal 21 ayat (1) huruf b dan huruf c Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU Merek) dan Pasal 19 Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek. Namun, untuk memperoleh perlindungan tersebut suatu merek haruslah memenuhi kriteria agar dapat dikatakan sebagai merek terkenal.

Mengacu pada Permenkumham RI No. 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek, penentuan merek terkenal memperhatikan pengetahuan umum masyarakat mengenai merek tersebut di bidang usaha yang bersangkutan.

Masyarakat yang dimaksud merupakan masyarakat konsumen atau masyarakat pada umumnya yang memiliki hubungan baik pada tingkat produksi, promosi, distribusi, maupun penjualan terhadap produk yang dilindungi oleh merek terkenal tersebut.

Menurut Pasal 18 ayat (3) Permenkumham RI  No. 67 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Merek, penentuan kriteria merek sebagai merek terkenal mempertimbangkan:

  1. Tingkat pengetahuan atau pengakuan masyarakat terhadap merek tersebut di bidang usahanya sebagai merek terkenal;
  2. Volume penjualan produk dan keuntungan yang diperoleh dari penggunaan merek;
  3. Pangsa pasar yang dikuasai oleh merek tersebut;
  4. Jangkauan daerah penggunaan merek;
  5. Jangka waktu penggunaan merek;
  6. Intensitas dan promosi merek, termasuk nilai investasi untuk promosi;
  7. Pendaftaran atau permohonan pendaftaran merek di negara lain;
  8. Tingkat keberhasilan penegakan hukum di bidang merek, khususnya mengenai pengakuan merek sebagai merek terkenal oleh lembaga yang berwenang;
  9. Nilai yang melekat pada merek karena reputasi dan jaminan kualitas produk yang dilindungi oleh merek tersebut.

Kriteria merek terkenal juga termuat dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung RI Nomor 1486 K/Pdt/1991 tertanggal 28 November 1995 yang menyebutkan kriteria merek terkenal yaitu merek tersebut telah beredar keluar dari batas-batas regional maupun batas-batas transnasional dan memiliki bukti telah didaftarkan di berbagai negara. Dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung RI Nomor 021 K/N/HaKi/2002 disebutkan pula kriteria merek terkenal yaitu suatu merek dapat dianggap merek terkenal apabila telah diketahui oleh masyarakat.

Selain itu, kriteria merek terkenal juga termuat dalam Yurisprudensi Mahkamah Agung RI Nomor 022 K/N/HaKi/2002. Dalam Putusan tersebut, Majelis Hakim menyebutkan penentuan merek terkenal didasarkan pada:

  1. Pengetahuan umum masyarakat mengenai merek dalam bidang usaha yang bersangkutan;
  2. Reputasi merek yang diperoleh dari promosi yang gencar atau besar-besaran, dan investasi di beberapa negara yang dilakukan oleh pemilik merek;
  3. Adanya bukti pendaftaran merek tersebut di beberapa Negara.

Author : Dhanty

Posted in