Merek Berbentuk 3D (Tiga Dimensi) Bisa Didaftarkan? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Merek Berbentuk 3D (Tiga Dimensi) Bisa Didaftarkan? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Merek Berbentuk 3D (Tiga Dimensi) Bisa Didaftarkan? Simak Penjelasan Berikut Ini! 

Merek merupakan salah satu bentuk representasi suatu produk bagi perusahaan baik dalam bentuk nama, kata, huruf, angka, logo, warna, suara maupun bentuk tiga dimensi dan hologram.”

Dalam perkembangan teknologi saat ini Merek bukan hanya sebatas nama, huruf ataupun kata namun terus berkembang hingga kini dikenal dengan golongan merek non-tradisional dan lebih modern terdiri dari suara, bentuk tiga dimensi hingga hologram. Munculnya tipe Merek baru tersebut sebagai bentuk inovasi terbaru dalam menarik minat konsumen untuk terus menggunakan produk-produk yang ditawarkan serta sebagai ciri khas bagi perusahaan tersebut. Munculnya inovasi tiga dimensi dalam suatu Merek menjadi tanda tanya apakah bisa juga didaftarkan secara resmi? Simak penjelasan berikut ini.

Merek tiga dimensi ialah bentuk Merek yang dapat direpresentasikan dalam bentuk gambar ataupun grafis yang memiliki unsur tinggi, lebar, dan kedalaman seperti contohnya yaitu Merek Cokelat Ritter Sport identik dengan bentuk dan tampilan produknya serta Radiator Grill BMW yang dapat dikenali dengan mudah oleh masyarakat bahwa bentuk Radiator Grill dengan garis-garis memanjang seperti itu identik dengan Merek BMW.

Di Indonesia pendaftaran Merek dengan berbentuk non-tradisional seperti ini sudah dapat dilakukan sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dalam Pasal 1 ayat (1) sebagai berikut:

“Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.”

Merek tiga dimensi harus memiliki unsur pembeda dari Merek lainnya berbeda dengan pemahaman tiga dimensi dalam Desain Industri dimana seharusnya memiliki unsur kebaruan yang belum pernah digunakan sebelumnya. Branding yang tepat dapat mempermudah masyarakat untuk mengenali produk kita dan tentu saja dapat membedakannya dengan produk lain yang serupa. Pendaftaran Merek berbentuk tiga dimensi secara resmi memberikan perlindungan hukum dalam perkembangan produk maupun jasa yang diiringi dengan hak serta kewajiban bagi Merek tersebut. Pendaftaran Merek berbentuk tiga dimensi di Indonesia boleh dilakukan asalkan tidak melanggar Pasal 20, Pasal 21 dan Pasal 22 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.

Pengajuan pendaftaran Merek tiga dimensi sama hal nya dengan pengajuan Merek yang lainnya dengan mengajukan permohonan disertai dengan melampirkan dokumen-dokumen administratif kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. 

Saat ini pengajuan permohonan pendaftaran Merek sudah tersedia dan dapat dilakukan secara offline maupun online untuk memudahkan masyarakat. Jadi sudah siap mendaftarkan Merek milikmu?

Author : Annisa

Posted in